Minggu, 13 Februari 2011

Memilih Custom Template Blogspot yang Cocok


  Setelah berhasil mendaftarkan blog, kita akan disuguhi pilihan template yang disediakan blogspot. Tanpa terkecuali farrocom. Berhubung masih awan, saya ikut saja. Saya pilih template yang menurut pandangan mata enak dilihat. Tentu saja template yang berwarna-warni. Tapi ternyata template yang dipenuhi gambar membuat load blog jadi berat. Kebanyakan blog yang saya temui memiliki template yang bagus. Juga load yang ringan. Tapi blog saya tidak. Kenapa, ya!
Walaupun sudah saya utak-atik lewat Perancang Template, tetapi hasilnya tetap tidak bisa menyamai. Mendekati mirip pun tidak.
  Ternyata template blogspot yang bagus itu adalah Template Custom. Maksudnya template di luar yang disediakan blogspot yang diupload ke blogspot. Seorang blogger bisa menggunakan template hasil rancangan sendiri maupun mendownload dari situs penyedia template. Caranya dengan mengupload file xml template ke blogspot. Bagi seorang ahli bahasa internet (html, xhtml, xml dan apalah sebutannya), membuat template baru dengan memodifikasi maupun menyusun sendiri kode-kode xml template mungkin hal yang mudah. Namun bagi seorang awan seperti saya, hal itu merupakan sesuatu yang bisa membuat pusing kepala. Maka saya mencari template baru di internet saja. Searching dan googling tentunya. Sambil blog walking melihat-lihat contoh templatenya master blogger. Dan saya temukan satu situs penyedia template blogspot yang lengkap. Yaitu www.freetemplatesblogger.com. Ada banyak pilihan template disini. Kita bisa memilah berdasarkan kategori/label. Maupun memilah satu per satu. Sesuai saran master blog agar blog ringan, saya memilih template yang unsur gambarnya sedikit. Juga yang SEO Friendly tentunya. Satu lagi, saya pilih template dengan Right Sidebar. Ini agar pembaca mobile dapat dengan cepat membaca artikel inti setelah di zoom menggunakan browser mobilenya.

  Pilihan saya jatuh pada template 'Elegant Style & SEO Friendly' rancangan Agus Ramdhani (o-om.com).

Menurut authornya, template ini hanya 20% saja penggunaan image nya. Sudah pasti blog jadi ringan. Selain itu juga dapat bonus CSS dengan mode kompresi, Read More, Embedded Comment Form, Meta Tag Include, SEO Title Tag, Favicon Include, Komentar berbeda untuk pemilik blog, Emoticon Include dll. Jadi saya kira ini adalah template yang cocok diterapkan di blog saya. Untuk penerapan akan diceritakan di posting berikutnya. Tentunya setelah praktek pemasangan template.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar