Sabtu, 19 Februari 2011

Memasang Template 'Elegant Style dan SEO Friendly'

  Posting dahulu sudah menceritakan proses mencari template yang cocok untuk blog Gado-Gado ini. Dan menemukan template Elegant Style dan SEO Friendly yang didesaign o-om.com atau Agus Ramdhani. Nah, sekarang saatnya mengunggah atau upload di blog. Sebelum di upload lewat ponsel, ada beberapa tahap dahulu. Termasuk sedikit editing kode xml template. Berikut beberapa tools/aplikasi ponsel yang saya gunakan untuk edit dan upload template.
1. X-plore (file manager Symbian yang dilengkapi zip manager).
2. Moby Explorer (file manager Java sekaligus editor HTML)
3. Opera Mini dan UC Browser
  File template yang baru di download formatnya masih zip(format file kompresi). Jadi harus di extact dulu. Saya pakai X-plore untuk melakukannya.
Begini caranya, buka X-plore lalu cari lokasi penyimpanan file Blogger-template-elegant-style (zoomtemplate.com).zip yang telah di download. Buka file lalu tekan Menu->File->Extract to... Tentukan lokasi kemudian Ok. Hasilnya adalah file Blogger-template-elegant-style (zoomtemplate.com).txt. Itulah file berisi kode xml template Elegant Style dan SEO Friendly.
  Selanjutnya editing beberapa kode. Waktunya Moby Explorer digunakan. Bagaimana caranya?
Buka aplikasinya lalu cari lokasi file tadi. Kalau ada peringatan dan sebagainya di Ok sajalah. Sorot filenya lalu pilih Menu->Text Editor->Open... Muncullah kode-kode xml yang tak terlalu ku mengerti. Saya mulai dari mengganti attribute footer. Itu, tulisan-tulisan dibagian bawah blog semacam Copyright, pendukung dan sebagainya.


Kode xml nya seperti ini.

< div class='blank' style='text-align: center; padding-bottom: 2px; padding-top: 20px' >

< small > © Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by < a href='http://www.blogger.com' > Blogger.com < /a > | Template by < a href='http://www.o-om.com' > o-om.com < /a > - < a href='http://www.zoomtemplate.com' > zoomtemplate.com < /a > < /small >

< /div >

Untuk mencari kode diatas kita gunakan fitur Find... pada Moby Exlporer. Pilih Menu-->Find-->Find... Lalu ketik beberapa kata dari kode diatas. Seperti yourblogname.com lalu Ok. Maka kita akan di ke kata tersebut. Klik Menu-->Edit.. untuk mengubah. Ganti yourblogname.com dengan nama blog kita. Kalau tidak memiliki izin dari perancang template ini, jangan sekali-kali mengganti atau menghapus link aktif o-om.com dan zoomtemplate.com.
Ubah juga kode favicon, gambar logo o-om, dan tambahkan meta content dan deskripsi blog. Lalu
Save as beri nama baru.
Tahap upload Template
Buka browser ponsel(Opera Mini atau UC Browser). Masuk ke Blogger.com lalu Log in. Setelah masuk, langsung menuju ke Rancangan. Dari halaman Rancangan lalu Edit HTML. (Sebelum mengupload template baru sebaiknya backup/restore template lama dahulu. Klik pada 'Download Template Lengkap'.)

Pilih file yang akan diupload dengan mengklik pada bagian yang ditunjukkan gambar dibawah.

File sudah ditemukan! Pilih lalu tekan Upload. Jika muncul notifikasi, pilih Pertahankan Widget jika ingin Widget di template lama tetap ada. Atau Hapus Widget apabila akan menghilangkan semua widget lama.


Kemarin saya praktekkan di blog farrocom dengan memilih Hapus Widget. Sehingga hasilnya tak ada widget yang terpasang. Semula maksudnya biar digantikan widget template yang baru. Tapi ternyata template ini belum menyertakan widget-widget seperti yang nampak pada blog Demo nya. Jadi farrocom.blogspot.com pun harus saya tambahkan sendiri widget-widgetnya.
*Semua screenshot diatas diambil langsung dari browser ponsel dengan sedikit Editing.

3 komentar:

  1. template yg keren ini, benar2 SEO friendly

    BalasHapus
  2. iya, betul skali, tp cm buat blogspot

    BalasHapus
  3. mas saya juga pake template ini.. tapi gmn ya cara ny merubah atau meng edit laman ny..? mohon bantuan ny mz..

    BalasHapus